Wabup Manokwari Buka Kegiatan Penyusunan Dokumen RKBL

FOTO : kegiatan Penyususnan TTX atau CPX Dokumen Rencana Kontinjensi Banjir dan Longsor (RKBL) di Kabupaten Manokwari//AM
MANOKWARI, Papuabaratonline.com – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Manokwari, Edy Budoyo membuka kegiatan Penyususnan TTX atau CPX Dokumen Rencana Kontinjensi Banjir dan  Longsor (RKBL) di Kabupaten Manokwari, Rabu (11/12/2019).
dibuka langsung oleh Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo yang didampingi Kepala BPBD Kabupaten Manokwari dan Kepala BMKG.
Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo dalam sambutannya menyampaikan banyak teriamakasih kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manokwari yang melaksanakan penyusunan dokumen tersebut.
“Ini merupakan bagian dari perencanaan kontinjensi suatu identifikasi dan penyusunan rencana yang di dasarkan pada suatu keadaan atau situasi yang diperkirakan akan segera terjadi,”ujar Edi Budoyo, Wabup Manokwari saat membuka kegiatan tersebut di salah satu hotel di Manokwari, Rabu (11/12/2019 ).
Menurutnya, di wilayah Manokwari setiap tahun dijumpai berbagai bencana seperti banjir, longsor, gempa bumi, dan stunami.  Maka dalam kesempatan ini dirinya mengajak masyarakat manokwari agar mewaspadai banjir yang merupakan proses alam yang tidak diketahui.
“Banjir itu merupakan ulah masyarakat yang membuang sampah sembarang. Karena banjir menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat dan makhluk. Oleh sebab itu kita harus menjaga lingkungan dengan melakukan reboisasi serta pencegahan  bahaya banjir dan longsor di kabupaten manokwari,”jelasnya.
Berikutnya, dia menuturkan, sebagaimana diketahui bahwa cuaca di Manokwari sangat panas. Namun diharapkan agar masyarakat dapat berja-jaga, karena manokwari mulai musim hujam.
“Kami di Pemkab Manokwari menekankan kepada BPBD manokwari untuk selalu mempersiapkan diri apa bila sesuatu terjadi dikemudian haris maka harus bertindak  cepat. Saya salut untuk tindak cepat  BPBD  kabupaten  Manokwari,”bebernya.
Sementara Jhon Angkotta selaku Ketua Panitia  menyampaikan penyusunan dokumen ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 tahun 2019 tentang penanggulangan bencana di kabupaten manokwari. [AM/RW]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here