Menuju Satu Data Kependudukan di Indonesia, BPS Gelar Workshop Wartawan

FOTO : BPS menggelar Workshop Wartawan//AM
MANOKWARI, Papuabaratonline.com – Dalam rangka mensukseskan Sensus Penduduk 2020. Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua Barat menggelar workshop Wartawan, Selasa (10/12/2019).
Kegiatan workshop yang mengusung tema ‘Menuju satu data kependudukan Indonesia’ itu dilaksanakan di salah satu hotel termewah di Kota Manokwari dan dihadiri puluhan wartawan dan pimpinan media elektronik, cetak dan online di wilayah Provinsi Papua Barat beserta para pegawai BPS.
“Dengan adanya kegitan ini, kedepan wartawan dapat membantu sosialisasikan kepada masyarakat agar sukseskan sensus penduduk 2020,”ujar Kepala BPS Provinsi Papua Barat, Maritje Pattiwaellapia saat membuka kegitan ini, Selasa (10/12/2019 ).
Dia mengatakan bahwa BPS banyak menghasilkan data yang dapat digunakan untuk pengambilan kebijakan oleh pemerintah maupun lembaga lain demi kesejahteraan masyarakat.
Namun menurutnya, terkadang data atau indikator yang dihasilkan oleh BPS belum banyak dipahami. Pasalnya, apabila data yang salah diterjemahkan kemudian dituangkan dalam informasi, maka dampaknya data tersebut akan salah diartikan oleh masyarakat.
Selain itu, dirinya menjelaskan, BPS tidak hanya menyediakan data, tetapi juga mempublikasikan data tersebut dengan bahasa yang sederhana agar dapat dimengerti oleh masyarakat.
Maka workshop ini dilakukan agar meningkatkan pengetahuan dan wawasan wartawan terhadap data statistik, sehingga lanjut dia, dapat membantu BPS mempublikasikan data yang dihasilkan kepada masyarakat dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.
“Kedepan workshop wartawan seperti ini akan terus dilakukan karena tanpa wartawan data yang dihasilkan oleh BPS tidak diketahui oleh masyarakat,”tandasnya. [AM/RW]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here