2020, Festival Munara Insos Kabor se-Tanah Papua Akan Dilaksanakan

FOTO : ISTIMEWA
MANOKWARI, Papuabaratonline.com – Guna mempertahankan nilai adat istidat dan warisan leluhur Suku Biak. Festival Munara Insos Kabor Se-Tanah Papua akan digelar di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat pada bulan April 2020.
Hal ini dikatakan Ketua Insos Kabor se-Tanah Papua, Arius Mofu kepada wartawan, baru-baru ini.
Menurutnya, apabila tidak ada hambatan, maka Festival Munara Insos Kabor akan digelar bulan April 2020.
“Jika tidak ada halangan diperkirakan bulan April, itu akan melibatkan seluruh kawasa Byak (masyarakat Biak-red) yang tersebar diseluruh Tanah Papua sampai ke Halmahera,”ujar Arius Mofu.
Dijelaskannya, dengan digelar ivent besar ini dapat memperlihatkan kepada dunia bahwa, masyarakat Biak pada abad-abad yang lalu tersebar hampir diseluruh dunia.
“Perlihatkan pada dunia bahwa kawasa Byak itu Mambri (pemberani) pada berabad-abad yang lalu, sehingga dibuktikan dengan mereka ada dimana-mana saat ini,”jelasnya.
Untuk itu diharapkan kepada masyarakat Suku Biak yang hidup dimana pun bisa bersatu guna mempertahankan nilai-nilai adat istiadat yang telah diwariskan leluhur.
Dia menambahkan, dengan adanya pagelaran Festival Munara Insos-Kabor ini, diharapkan masyarakat Biak yang hidup dimanapun bisa bersatu untuk mempertahankan nilai-nilai adat istiadat yang telah diwariskan leluhur.
“Ini menyangkut keberlangsungan generasi Byak, jadi sangat disambut baik oleh Mansonanem-mansonanem (kaum intelektual) yang ada di Raja Ampat,” ucap Mofu.
Dia menyatakan, Festival ini jangan ada pihak lain yang merusaknya dengan memasukkan unsur-unsur politik karena ivent itu adalah terkait adat dan budaya.
“Jangan dikacaukan dengan kepentingan-kepentingan tertentu, kita harus duduk bersama, bahas bersama. Jangan sampai kita kehilangan identitas marwah adat itu dikemudian hari,” ungkapnya.
Mofu menjelaskan, terkait kepanitiaan Festival Munara Insos-Kabor, telah dibentuk dan diketuai oleh Abdul Wahab Warwey yang juga sebagai ketua DPRD Kabupaten Raja Ampat. [AL/RW]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here