Buka Bimtek Pendidikan Keluarga, Wabup : Masalah Stunting di Manokwari Cukup Tinggi

FOTO : kegiatan Bimbingan Teknis Pendidikan Keluarga//AM
MANOKWARI, Papuabaratonline.com – Wakil Bupati Kabupaten Manokwari, Edy Budoyo membuka kegiatan Bimbingan Teknis Pendidikan Keluarga dalam rangka penurunan angka stunting, SP 4, Distrik Warmare, Kabupaten Manokwari, Rabu (23/10/2019).
Kegiatan Bimtek tersebut dihadiri Kasubid Direktorat Pembinaam Pendidikan Keluarga (Ditjen Puad Dismas) Kemendikbud Republik Indonesia Drs. A Hendra Sudjana M.Ed, Kabid Paud dan Dikmas Kabupaten Manokwari, Da Suprianto.
Edy Budoyo, Wabup Manokwari menyampaikan Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka penurunan angka stunting atau tumbuh pendek dan kerdil karena masalah gizi.
“Kami selaku pemerintah menyambut baik upaya yang telah dilakukan oleh dinas terkait yang bekerjasama untuk melakukan sosialisasi pendidikan keluarga pada 1000 hari pertama kehidupan ini,”ujar Wakil Bupati, Edi Budoyo kepada wartawan, Rabu (23/9/2019 ).
Menurutnya, stunting merupakan masalah yang sering terjadi di Indonesia, dimana terjadi gagal tumbuh dan otak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Tapi juga menghambat pertumbuhan anak dan terlambat dalam bepikir.
Oleh karena itu, Bimtek ini bagian dari upaya pencegahan dan menurunkan prevalensi data stunting tahun 2019 di Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Manokwari.
Dikatakannya, stunting dapat dicegah dengan membiasakan pola hidup sehat, agar kedepan bisa menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang cukup baik secara fisik maupun otak anak dalam bepikir.
“Saya berharap agar masalah stunting jangan sampai terjadi di kabupaten manokwari. Masyarakat harus hidup sehat, cerdas dan kreatif. Sehingga kita bersama-sama bersatu, berkarya dan membangun manokwari agar lebih maju dan sejahtera,”harapnya.
Sementara Ketua Panitia Da Suprianto selaku Kabid Paud dan Dikmas Kabupaten Manokwari mengatakan sosialisasi yang dilaksanakan merupakan bagian dari upaya menurunkan angka prevalensi data stunting di Indonesia.
Maka melalui kementerian pendidikan nasional dengan menggunakan dana yang bersumnber dari APBN pemerintah melaksanakan kegiatan sosialisasi di 9 Distrik di Manokwari, karena dianggap data stunting anak cukup tinggi.
Untuk itu diharapkan kepada seluruh Paud di Kabupaten Manokwari agar dapat bekerjasama dengan Pihak Puskesmas, Kepala Kampung, dan PKK. [AM/RW]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here