Peringati HAI, Forum TBM dan Pegiat Keluarkan 8 Butir Rekomendasi Literasi 2019

FOTO : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI saat menghadiri kegiatan Festival Literasi 2019, di Makassar//IRA
MAKASSAR, Papuabaratonline.com – Pegiat Literasi dan Forum Taman Bacaan Masyarakat (Forum TBM) merekomendasikan 8 butir literasi 2019 dalam Festival Literasi Indonesia dan Hari Aksara Internasional (HAI) 2019 KE-54 tahun, di Kota Makassar, Sabtu (07/09/2019).
Firman Hadiansyah, Ketua Umum Forum Taman Bacaan Masyarakat (Forum TBM) mengatakan, dalam kegiatan Festival Literasi tersebut pihak telah mengeluarkan delapan rekomendasi literasi.
Pertama, negara wajib menegakan hak-hak atas literasi (Literacy right) melindungi hak warga negara dalam hal mengakses sumber informasi dan ilmu pengetahuan.
Sehingga tidak boleh ada individu, golongan, dan institusi yang melakukan razia atau pelarangan buku atau pelarangan buku hanya dapat dilakukan melalui proses pengadilan serta menegakkan hukum atas pelanggaran pembajakan buku dan karya intelektual.
Kedua, pemerintah mengeluarkan regulasi yang memiliki kekuatan hukum untuk memfasilitasi pengiriman buku bagi TBM di seluruh Indonesia.
Ketiga, pemanfaatan alokasi dana desa juga diprioritaskan untuk memperluas dan memperkuat program-program literasi yang dilaksanakan oleh pemangku literasi di desa.
Keempat, pemerintah memfasilitasi atau menyelenggarakan program-program peningkatan kapasitas serta memberikan apresiasi untuk pengelola TBM dan pegiat literasi.
Kelima, Dinas Pendidikan atau Dinas Perpustakaan dan Arsip (Kearsipan) Daerah dapat menerbitkan izin operasional bagi TBM.
Keenam, mendorong pemerintah untuk membuat kebijakan serta memfasilitasi sarana, prasarana dan kegiatan literasi yang ramah untuk semua atau inklusif.
Ketujuh, mendorong pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dan kota untuk melengkapi ruang publik dengan fasilitas taman baca dan program literasi.
Kedelapan, Forum TBM bersama pihak terkait menyusun instrumen dan indikator untuk menetapkan provinsi dan kota dan kabupaten literasi. [IRA/RW]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here