Meski Baru Gelar Puslatda Pra PON XX, Ketum KONI PB Optimis Rubah Peringkat

Puluhan Cabor saat mengikuti Launching Puslatda Pra PON XX Papua Barat//RED
MANOKWARI, Papuabaratonline.com – Menjelang Pekan Olahraga Nsional (PON) XX Papua tahun 2020. Kini KONI Papua Barat baru melaksanakan persiapan atlet dengan melakukan Launching Badan Pemusatan Latiham Daerah (Bapuslatda) Prakuliafikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) XX tahun 2019. Sabtu (06/07/2019).
Kegiatan Launching Bapuslatda Pra PON XX Papua Barat yang berlangsung sekira pukul 18.00 WIT sore di lapangan Borarsi, Manokwatri itu dibuka langsung oleh Ketua KONI Papua Barat, Dominggus Mandacan dan dihadiri Kapolda, Pangdam serta ratusan atlet dari berbagai cabor dan pengurus provinsi (Pengprov).
Launching kontingen dan Puslatda Pra PON itu ditandai dari melespaskan balon gas ke udara oleh ketua umum KONI dan disaksi oleh para atlet dan masyarakat yang menghadiri launching tersebut.
Ketua Umum KONI Papua Barat, Dominggus Mandacan dalam sambutannya mengatakan, untuk mengahadapi ajang bergengsi 4 tahun sekali sudah barang KONI memiliki strategi perang olahraga untuk mengahapi Pra PON maupun PON XX Papua di tahun 2020.
“Sudah ada 34 cabor yang terdaftar,tap baru 22 yang terverifikasi dengan jumlah atlet secara keseluruh dan ditambahkan dengan manager, teknisi, perlengkapan, pelatih, dan official lainnya sebanyak 860 rang. Tapi kalau jumlah atlet sendiri dari 34 cabor baik putra maupun putri sebanyak 626 atlet,”jelas Dominggus Mandacan yang juga menjabat sebagai Gubernur Papua Barat dalam sambutanya, Sabtu (06/07/2019).
Mandacan optimis bisa merubah peringkat Papua Barat di PON XX Papua, karena kepengurusan KONI dan Cabor saat ini memiliki orang-orang berkualitas dalam dunia olahraga. Maka sudah pasti prestasi olahraga di Papua Barat akan semakin meningkat.
“Dalam melaksanakan perekrutan atlet berupa seleksi sudah dilakukan dan para atlet juga akan di ikut sertakan dalam dalam berbagai kejurnas guna memperbaiki limit, tapi juga meningkatkan peringkat,”katanya.
Menurutnya, semua formula atau strategi pastinya akan dikerahkan untuk satu tujuan yaitu itu Papua Barat bukan datang sebagai penggembira ataupun sebagai pelengkap dan pewarna pada acara serimonial pembukaan acara multievent ini, akan tetapi Papua Barat hadir dan menempati posisi papan tengah daftar perolehan medali.
“Saya optimis papua barat merubah itu. Saat ini papua barat dengan sejumlah atlet, pelatih, dan official yang tergabung dalam skuad kontingen Pra PON XX Tahun 2019 sebanyak 626 orang dan saat ini sebagian yang ikuti launching. Sementara yang lain sedang mengikuti kajuaraan dan event yang diselenggarakan dibeberapa daerah luar papua barat,”tutupnya. [RED/RW]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here