Polisi Temukan Tempat Penyulingan Miras Oplosan Ditengah Hutan Salawati

Lokasi penyulingan cap tikus di tengah hutan//AMR
SORONG, Papuabaratonline.com – Tim operasi gabungan dari kepolisian kembali menemukan tempat penyulingan miras keras (Miras) jenis Cap Tikus (CT) tanpa pemilik, di tengah hutan Distrik Salawati, Kabupaten Sorong.
Operasi dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba Polres Sorong, AKP Farial M. Ginting dan Kapolsek Salawati, Iptu Vhalio Agafe itu dilakukan sejak Rabu (26/06/2019) sekira pukul 10.00 WIT.
Kasat Narkoba Polres Sorong AKP Farial M. Ginting mengatakan, untuk pemilik tempat penyulingan belum diketahui maka sementara masih dilakukan penyelidikan terkait siapa pemilik tempat penyulingan di tengah hutan tersebut, karena diperkirakan hasil dari pabrik penyulingan Miras oplosan itu akan dipasarkan Kabupaten Sorong dan Kota Sorong.
“Pengungkapan adanya penyulingan minuman keras ini atas informasi masyarakat yang resah dengan beredarnya minuman keras jenis cap tikus di wilayah Kabupaten Sorong dan Kota Sorong,”kata Kasat Narkoba kepada wartawan, Rabu (26/06/2019).
Seperti diketahui, dia menyebutkan, pabrik penyulingan itu telah dibongkar untuk kesekian kalinya di dalam setahun ini dan apabila menemukan para pelaku pihaknya akan melakukan tindakan hukum bagi pemilik tempat penyulingan tradisional Miras tersebut.
“Banyak kasus kejahatan berawal dari warga yang mengkonsumsi minuman keras, seperti kekerasan, penganiayaan dan kejahatan lainnya,”imbuhnya.
Maka, diharapkan peran serta masyarakat sangatlah penting dalam pemberantasan Miras. Untuk itu dihimbau kepada masyarakat aktif dan responsif, apabila melihat adanya peredaran Miras agar segera melaporkan kepada pihak berwajib dan apabila pelaku tertangkap akan dikenakan undang-undang pangan.
Barang bukti (BB) Miras CT yang diamankan yakni 300 liter. Kemudian ada juga bahan olahan mentah sebanyak 2000 liter yang diisi dalam drum berwana biru. [AMR/RW]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here