Pebisnis Muda Diajak Lestarikan Alam Papua

Foto kegiatan Talkshow
JAYAPURA, Papuabaratonline.com – Pemuda dan pemudi Papua, di Kota Jayapura, Provinsi Papua saat mengikuti kegiatan Talkshow diajak melestarikan Alam Bumi Cenderawasi.
Kegiatan yang berlangsung baru-baru ini di salah satu hotel termewah di Kota Jayapura itu mengusung tema ‘Saatnya anak-anak Papua berbisnis sambil menjaga kelestarian alam Bumi Cenderawasi’.
Acara tersebut dilaksanakan oleh salah satu organisasi kepemudaan di Tanah Papua yakni Kitong Bisa dan Yayasan Inisiatif Dagang Hijau (YIDH).
Talkshow ini merupakan bagian dari rangkaian konsultasi publik dari Yayasan Inisiatif Dagang Hijau yang kini sedang membabtu Pemprov Papua dan Papua Barat dalam hal menyusun strategi investasi berkelanjutan di Tanah Papua.
Dalam kegiatan tersebut dihadirkan pembicara yang bergelut dii bidang lingkungan hidup seperti Direktur WWF Indonesia wilayah Papua, Benja Mambai, dan Manajer Landscape Papua dari Yayasan Inisiatif Dagang Hijau, Marco Watimena.
Tak hanya acara itu juga dihadiri sejumlah pebisnis-pebisnis muda Papua diantaranya Cindy Ansanay yang bergelut di dunia kosmetik menggunakan berbagai tumbuhan di alam Papua seperti coklat, pala, dan kunyit untuk kesehatan.
“Saya belajar biologi di UNCEN, dan setelah lulus, saya tidak berpikir untuk bekerja sebagai PNS, atau pegawai swasta. Tetapi memilih menggunakan ilmu saya tersebut untuk membuat bisnis saya sendiri,”kata Cindy Ansnay.
Kenapa demikian, menurutnya, setelah lama melakukan uji coba dengan bahan dari produk-produk dari alam Papua, dirinya berhasil menciptakan produk kosmetik yang diterima pasar baik lokal maupun nasional dengan minat yang tinggi.
Sedangkan Victor Ibo, seorang Pemuda asal sentani mampu membuat dan mengeluarkan berbagai produk kesehatan berbahan dasar minyak kelapa (virgin coconut oil).
“Saya membuat bentuk kapsul, maupun syrup dari minyak kelapa ini yang khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Produk ini sudah mulai saya pasarkan di luar pasar Papua,”ujar Victor.
Sementara CEO Kitong Bisa, Billy Mambrasar, yang adalah anggota dari tim penyusun draft konsep investasi hijau dari Yayasan Inisiatif Dagang Hijau menyampaikan apresiasinya atas para pemuda dan pemudi yang sudah berpartisipasi dan memiliki cita-cita menjadi pebisnis.
“Terimakasi atas Semua pembicara yang sudah memberikan ide-ide dan dorongan dalam tema yang sama, yaitu mendorong anak-anak Papua untuk mempertimbangkan bisnis,”imbuh Mambrasar.
Terlebih khusus, ia menambahkan, bisnis yang ramah lingkungan sebagai pilihan karirnya. Tapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka, namun tidak tetapi tidak memberikan dampak buruk terhadap alam Papua.
Berikutnyabsalah satu peserta talkshow, Haida Wenda berharap acara-acara seperti ini makin banyak dilaksanakan di Papua agar dapat menginspirasi anak-anak muda untuk produktif, berkarya dan berprestasi. [**/RW]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here