Tingkatkan SDM Aparatur Kampung, Karena Dades PB Tahun Ini Nilainya Cukup Banyak

0
1007
Foto Bersama Sekda Papua Barat, Drs Nataniel Mandacan M.Si , Kepala DPMK Provinsi PB Drs Jhon Rumbruren M.Si serta Pejabat Eselon III dan IV pada Rakoornis DPMK di Kabupaten Sorong (28/3)//

Manokwari,Papuabaratonline.com- Sekertaris Daerah Provinsi Papua barat, Drs Nataniel Mandacan M.Si menyebutkan bahwa Alokasi Dana Desa (Dades) Provinsi Papua Barat tahun ini nilainya cukup besar, untuk itu kesiapan SDM Aparatur Kampung harus ikut ditingkatkan. Sehingga mampu menata dan mengelola Dades secara bijak sesuai dengan peruntukannya.

“Tahun ini Dana Desa dari APBN cukup besar nilanya. Belum lagi ditambah dengan dana Otsus dari Provinsi dan Dana Kampung dari Kabupaten Kota. Untuk itu, kesiapan SDM Aparatur Kampung harus ditingkatkan juga,”Ungkap Nataniel saat menyampaikan sambutan Gubernur PB pada pembukaan Rakoornis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Prov PB, kamis (28/3/2019) di Hotel Vega Sorong.

Hal ini , kata Mandacan, telah diamantakan dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Dana Desa dengan tegas menugaskan Pemerintah Pusat Provinsi  serta Kabupaten Kota untuk menaruh perhatian terhadap pembangunan Kampung.

Kesadaran dan partisipasi masyarakat bahkan dukungan aktif Pemerintah Kab dan Provinsi. Untuk itu, Rakoornis ini diharapkan dapat menghasilkan rumusan program yang sejalan dengan semangat UU Desa dan Visi misi Pemprov PB.

Pada kesempatan tersebut, Mandacan mengajak peserta Rakoor untuk memahami prinsip dasar Otsus UU No 21 tahun 2001. Yakni pengakuan dan penghormatan hak-hak dasar OAP serta pemberdayaannya secara strategis dan mendasar

Penyematan Tanda Peserta Rakoornis DPMK Prov PB//

Mewujudkan penyelegaraan pemerintahan yang baik yang berciri partisipasi rakyat , pembangunan yang diarahkan sebesar-besarnya untuk memenuhi kebutuhan dasar penduduk OAP secara khusus dan non OAP pada umumnya dengan berpegang teguh pada prinsi-prinsip pelestarian lingkungan, pembangunan berkelanjutan berkeadilan dan bermanfaat langsung bagi masyarakat.

Selain itu, penyelenggaran pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan yang transparan dan bertanggung jawab kepada masyarakat.

Sementara, Ketua panitia James Franklin mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, untuk menyamakan presepsi tentang pelaksanaan pemerintahan , pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat antara DPMK Provinsi dan kabupaten.

Sebagai forum konsolidasi dan konsultasi menyatukan pandangan kelembagaan  dan kebijakan secara berjenjang antar Pemerintah. Mempelajari BUMDes , perencanaan kegiatan dan pengelolaan serta pengawasan Dades di PB. Rakoornis tersebut dihadiri para Kepala dan Sekertaris DPMK tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota, serta para pejabat eselon III dan IV.(GG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here