Gubernur PB Serahkan SIO Kepada 90 Tenaga Kerja OAP

0
738
Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan M.Si saat menyerahkan SIO dan Sertifikat kepada Tenaga Kerja Orang Asli Papua Di Kantor Gubernur PB Arfai, Senin (4/3).

Manokwari,papuabaratonline.com-Kementrian Ketenagakerjaan dan Transmigrsi RI bersama Pemerintah Provinsi Papua Barat, mensertifikasi 90 Tenaga Kerja (TK) Orang Asli Papua (OAP) yang bekerja di beberapa Perusahaan di Kabupaten Sorong dan Manokwari.

Sertifikat dan Surat Izin Operasional (SIO) tersebut diserahkan Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan M.Si dikantor Gubernur PB senin (4/3/2019).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov PB, Paskalina Jamelan mengatakan, SIO dan sertifikat tersebut, tidak hanya di tandatangani Gubernur PB tetapi, ditandatangani juga oleh Kementrian terkait, yang menyatakan TK OAP telah melaksanakan kegiatan yang materi dan ujiannya difasilitasi oleh Pemprov PB.

Sehingga lanjut Dia, dapat meyakinkan perusahaan,  bahwa TK OAP tersebut tak hanya diuji tetapi juga diberikan materi terkait dengan pengenalan terhadap keselamatan Tenaga Kerja.

Foto Bersama 90 Tenaga Kerja Orang Asli Papua dan Gubernur Papua Barat.

“Orang bawa alat berat ini kan harus terfokus tidak bisa asal-asal saja. Kenapa harus memberikan mereka (OAP) sertifikat dan SIO karena itu juga diamanatkan dalam UU Otsus pasal 26 ayat 2”ungkap Jamlean

Sebagai pemerintah kita harus jeli melihat peluang  bagi OAP, sehingga tidak diambil alih oleh TK Non OAP. Selanjutnya, tambah Jamlean bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak PU, agar memperhatikan TK OAP yang sudah mendapatkan SIO dan Serfikat dari pemerintah.

“Selain Balai, kami juga akan mendatangi pihak Perusahaan Pabrik Semen dan LNG Tangguh tren III, meminta mereka (perusahaan) agar mengutamakan anak-anak papua”tutup Paskalina.(GG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here