Wagub: Ini Potensi SDA Di PB

0
759

Manokwari,papuabaratonline.com- Wilayah Provinsi Papua Barat memiliki kakayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang menjanjikan bagi kehidupan masyrakat di Papua Barat.

Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani SH, M.Si menyatakan, Provinsi Papua Barat memiliki potensi SDA yang dapat dioptimalkan untuk  kesejahtraan  masyarakat. Potensi tersebut yakni Minyak Bumi dan Gas Alam di kawasan Teluk Bintuni  dan Wilayah Kepala Burung. Selain itu, terdapat Potensi Tambang dan Mineral, berupa Nikel dan Batu Bara .

Potensi Batu Gamping, Pasir Kuarsa dan Lempung  untuk industry Semen di Wilayah Manokwari dan sekitarnya.  Selain itu, Potensi hutan produksi  sebesar lebih dari 1 juta Ha.

Potensi Hutan Sagu Alam yang luasnya lebih dari 150 Ribu Ha  untuk pengembangan Bio Etanol di Sorsel. Terdapat lebih dari 2.500 juta Ha , potensi Lahan Pertanian dan Perkebunan bagi pengembngan Tanaman Pangan Hortikultura , dan Kakao .

“Selain itu juga, memiliki  Lahan Peternakan di Bomberai Kebar dan Salawti dan potensi laut yang menjanjikan  bagi pengembangan Perikanan dan sektor Pariwisata di Kabupaten Raja Ampat dan jug Taman Nasional Teluk Cendrawasi  (TNTC) di Teluk Wodnama serta Teluk Triton  di kabupaten Kaimana,”Kata Lakotani belum lama ini Di Yogyakarta.

Namun, diakui lebih lanjut kata Lakotani, bahwa pengelolaan dan pemanfaatan hasil kekayaan alam tersebut belum digunakan secara optimal untuk meningkatkan taraf hidup OAP, sehingga telah menyebabkan terjadinya kesenjangan antara Papua dan Daerah lain, serta merupakan pengabaian Hak-Hak Dasar Penduduk Asli Papua.(GG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here