Saragih : Semua Kebijakan Harus Sampai di Masyarakat Adat

0
5267
Andi Saragih//IST
MANOKWARI, Papuabaratonline.com – ICBE atau Konferensi keanekaragaman hayati ekopariwisata dan ekonomi kreatif diharapkan tidak semata hanya ceremonial, tetapi harus ada upaya nyata pemerintah daerah (Pemda) terkait kebijakan anggaran dan pemberdayaan masyarakat lokal.
“Kami (LSM) mengharapkan agar semua kebijakan terkait pembangunan harus sampai pada level masyarakat adat,”kata Direktur LSM Mnukwar, Andi Saragih kepada wartawan, Minggu (7/10/2018)
Menurutnya, keterlibatan masyarakat adat dalam program koservasi dan pembangunan berkelanjutan di Provinsi Papua Barat.
Dimana, semuanya harus terintegrasi di dalam rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) maupun program pembangunan jangka panjang dan jangka menengah (RPJP-RPJM) daerah serta adanya tindaklanjut setelah ICBE berakhir.
“Masyarakat lokal papua barat harus mendapatkan ruang yang cukup bahkan lebih besar di banding investor. Masyarakat tidak boleh menjadi penonton dalam pemanfaatan potensi daerah,”ujar Saragih.
Dikemukakannya, nilai jual dalam pengembangan ekonomi hijau adalah potensi SDA baik di darat maupun di laut dan masyarakat mempunyai peran penting dalam menjaga dan mengembangkan potensi ini.
“Konsep pariwisata maupun pengembangan ekonomi lainnya sudah ada masyarakat yang berupaya memanfaatkannya diwilayah masing-masing. Dan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat ini maka diperlukan pendampingan dari pemerintah daerah,”tutup Saragih. [GG/RW]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here