Masih Ditemukan Sekolah yang Perpustakaannya ‘Kosong’

Anggota DPRD Manokwari Yustinus Meidodga.(ist)

PBOnline.COM, MANOKWARI – Anggota DPRD Manokwari Yustinus Meidodga, mengatakan sejumlah sekolah di Distrik Masni dan Sidey yang memiliki perpustakaan tidak dilengkapi dengan jumlah buku yang memadai.

Hal itu ditemukannya saat reses ke daerah pemilihannya di dataran Warpramasi, dan kondisi ini termasuk sekolah-sekolah yang berada di dalam kota Manokwari.

“Kemarin saat melakukan reses ada sekolah yang meminta perpustakaannya diisi buku, karena tidak ada buku sama sekali. Tidak hanya dua sekolah tersebut yang tidak memiliki buku, namun hampir seluruh sekolah di Manokwari kekurangan buku di perpustakaan, sehingga membutuhkan partisipasi pemerintah untuk mengisinya,” ujar Yustinus.

Selain buku, para guru juga mengharapkan adanya perhatian terhadap fasilitas seperti pagar, perumahan dan lainnya. Itu dirasa penting untuk menunjang proses belajar-mengajar.

Kata dia, fasilitas seperti pagar sangat dibutuhkan sekolah. Hal ini untuk mengamankan aset milik sekolah bahkan menghindari hewan ternak masuk pekarangan sekolah.

Politisi PAN ini menilai bahwa majunya pendidikan dimulai dari fasilitas pendidikan yang memadai. “Anak-anak akan cerdas jika ada fasilitas buku dan dalam proses belajar merasa aman dari gangguan,” tambahnya.

Dikatakan Yustinus, penunjang perumahan bagi guru sangat dibutuhkan sehingga guru yang ditugaskan di daerah terpencil tidak lagi turun-turun kota. (qia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here