Tim Gabungan Sita Miras Oplosan di Kaimana

0
2253
Ilustrasi

PBOnline.COM, KAIMANA– Sebanyak 22 botol minuman keras (Miras), oplosan, beserta bahan bakunya, berhasil diamankan oleh tim gabungan dari Polres Kaimana, di sebuah rumah di Jalan Kabes Kota.

“Saat dilakukan penggrebekan sedang dalam proses pengolahan oleh terlapor berinisial DK. Sedangkan untuk pemilik rumahnya YLU masih kami periksa sebagai saksi,” ungkap Kapolres Kaimana AKBP Robertus A. Pandiangan, SIK, MH, dalam press release kemarin.

Lanjut Kapolres, dalam penggrebekan tersebut tim menyita 22 botol cairan berwarna merah, peralatan memasak, 2 botol bahan pewarna, serta 1 buah kayu manis sebagai bahan campuran.

“Barang-barang ini disita sebagai bukti, sementara cairan dalam botol, sampelnya akan dibawa ke BPOM Manokwari, untuk diteliti. Sesuai keterangan, miras oplosan ini dijual seharga Rp50.000 per satu botol,” ujar Kapolres.

Ditambahkan Kapolres, untuk pemeriksaan di BPOM Manokwari, adalah untuk memastikan apakah isi dalam botol itu benar mengandung alkohol dan merupakan minuman keras ataupun tidak.

“Jika hasilnya merupakan minuman keras, maka kasus ini akan diproses secara pidana. Pasal yang disangkakan pasal 204 ayat 1 KUHP dan pasal 137 sub pasal 140 UU RI, Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan, dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun,” tandas Kapolres.

“Soal Miras ini kita tidak akan main-main, karena umumnya tindak pidana kriminalitas berawal dari mengkonsumsi minuman tersebut,” tutup Kapolres.(sik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here