Peredaran Narkotika Jenis Ganja Mulai Marak di Manokwari

0
4213
Kasat Narkoba, Iptu Jamhari, beserta Barang Bukti Ganja.(foto/kbr)

PBOnline. COM, MANOKWARI-Maraknya peredaran Narkoba di seluruh Indonesia juga merambah Kota Manokwari, umumnya Narkoba, jenis ganja.

“Peredaran Narkoba, jenis ganja mulai marak. Ganja ini kebanyakan didatangkan dari Jayapura melalui PNG dan Sorong, ” kata Kapolres Manokwari, AKBP Adam Erwindi, S.Ik MH, melalui Kasat Narkoba, Iptu Jamhari, Sabtu (17/2/2018).

Dia menuturkan, pelaku mendatang barang haram ini menggunakan transportasi kapal Laut. Modus yang digunakan oleh pelaku dengan menggunakan pekerja buruh kapal.

“Setelah lolos dari sergapan petugas, maka para pelaku nantinya akan mengedarkan dan pasarkan di Manokwari. Umumnya yang konsumsi dari kalangan remaja,” sebutnya.

“Kami beberapa kali melakukan penangkapan pelaku Narkoba, kebanyakan mengaku ganja itu didatangkan dari Kota Jayapura dan Sorong,” sambungnya.

Menurutnya, harga paketan ganja relatif murah dan terjangkau, harga berkisar mencapai Rp 2juta per Bata atau kalau di gramkan sekitar 500-800 gram.

“Memang ada beberapa titik lokasi yang menjadi tempat para pelaku mengedarkan barang haram ini, dan ini sudah menjadi atensi dari Sat Narkoba, untuk terus melakukan pengawasan,” tukasnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya terus melakukan pengawasan baik didarat dan dilaut. Meski personil terbatas namun akan tetap dimaksimalkan guna mengurangi masuknya Narkoba di Manokwari.

Pihaknya berharap adanya kerjasama, baik dari pemerintah dan masyarakat guna menekan jumlah peredaran Narkoba baik ganja, sabu dan jenis obat terlarang lainnya.

“Jika menemukan ada kecurigaan segera mungkin untuk dapat melaporkan ke pihak kepolisian supaya kami tindaklanjuti,” imbuhnya.(kbr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here