PABBSI Papua Barat Persiapkan 16 Atlet Ikut Prakualifikasi PON 2020

Pekan Olah Raga Nasional XX Tahun 2020.(ist)

PBOnline, MANOKWARI – Sejumlah atlet Persatuan Angkat Berat, Binaraga, Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABBSI) Papua Barat, melaksanakan latihan rutin di lokasi mereka masing-masing, menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Jayapura, Provinsi Papua pada tahun 2020 mendatang.

Demikian ini diungkapkan Ketua Harian Pengurus Provinsi (Pengprov) PABBSI Papua Barat, Jordan Komnaris.

Jordan menerangkan, atlet yang dipersiapkan untuk memperkuat skuat PABBSI Papua Barat sebanyak 16 atlet diantaranya 2 atlet putri angkat besi, 8 atlet angkat berat dan 6 atlet binaraga.

“Ke 16 atlet ini sudah melaksanakan latihan, baik pagi maupun sore secara rutin. Tapi, latihannya dilaksanakan di beberapa tempat yang berbeda di Manokwari,” ujarnya.

Kemudian mengenai penampungan, Yordan menjelaskan, untuk sementara ini belum ada penampungan, karena belum dibentuk Badan Pemusatan Latihan Daerah (Bapuslatda) oleh KONI Papua Barat untuk persiapan Prakualifikasi PON XX nanti.

“Padahal itu sangat penting karena ketika ada Pusatda dan atlet memilik penampungan, maka atlet akan lebih berkonsentrasi untuk mengukuti latihan-latihan. Tetapi beberapa kali kita lakukan rapat, dan KONI bersedia untuk Trainning Center (TC) berjalan tanpa penampuangan beberapa bulan kedepan dan kita harapkan untuk dipercepat,” tukasnya.

Meski kesiapan terbilang lambat, Yordan berharap TC yang direncanakan KONI agar secepatnya dilakukan, minimal awal Maret 2018, agar para atlet ini bisa menjalankan program-program latihan di lokasi masing-masing.

“Yang seharusnya kita mulai awal tahun 2017, tetapi mengingat satu dan lain hal, kita bisa menerima. Tapi dengan catatan lebih fokus pada TC agar segera terlaksana, lebih bagus jika Puslatda dibentuk,”sebutnya.

Jordan menambahkan, mengenai pelatihan yang akan digunakan untuk melatih para atlet, pihaknya tetap ambil dari luar Papua Barat, namun itu khusus untuk angkat besi dan angkat berat. Sedangkan binaraga, akan menggunakan pelatih lokal.(one)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here