Selama 40 Hari, BPK RI Periksa Laporan Interim Keuangan Raja Ampat

Pertemuan bersama para bendahara dan PPTK seluruh jajaran SKPD, beserta Tim BPK RI perwakilan Provinsi Papua Barat.(foto/ars)

PBOnline.COM, WAISAIPemkab Raja Ampat, Rabu (14/2/18), menggelar pertemuan bersama para bendahara dan PPTK seluruh jajaran SKPD, beserta Tim BPK RI perwakilan Provinsi Papua Barat.

Pertemuan yang berlangsung di Aula kantor bupati tersebut menyepakati beberapa hal mengenai Laporan Interim keuangan Pemkab Raja Ampat Tahun Anggaran 2017.

Bidang Pemeriksa Laporan Interim Keuangan, BPK RI perwakilan Papua Barat, Adrian mengatakan selama 40 hari akan melakukan pemeriksaan Interim atau pendahuluan terhadap rincian Laporan Keuangan Pemkab Raja Ampat, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan terperinci.

“Pada pemeriksaan tahap pertama ini kita akan lakukan pengujian berupa sampling, setelah memeriksa dokumen administrasi masing-masing SKPD, yang diawali 4 SKPD utama,” ujarnya.

“SKPD ini yakni Sekretariat Daerah (setda) Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Badan Perencanaan dan Pengelolaan Daerah (Bappeda) dan Inspektorat. Kemudian sampling akan berlanjut dengan 6 SKPD lainnya secara acak,” sambung dia.

Ditambahkan Adrian, selama 40 hari kerja, pihaknya juga akan membuka ruang diskusi terkait mekanisme pelaporan sebelum masing-masing SKPD menyusun laporan keuangan pendahuluannya.

“Kami membuka ruang diskusi terkait permasalahan dalam penyusunan laporan keuangan dengan skema tri partied yakni, BPK, BPKAD dan Inspektorat. Diharapkan, pada pemeriksaan ini tidak ditemukan masalah. Kalau pun ada bisa dicarikan solusi atau langkah antisipasinya,” tandasnya.

Pelaksana Tugas (Plt). Sekda Raja Ampat, Dr. M. Yusuf Salim M.Si, menyampaikan pada dasarnya Pemda Raja Ampat akan proaktif selama pemeriksaan berlangsung.

“Saya minta seluruh SKPD dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat laporan keuangan pendahuluan sesuai aturan yang berlaku. Ruang diskusi telah diberikan. Semoga laporan keuangan pendahuluan ini cepat selesai, tepat dan tidak bermasalah,” tandasnya.(ars)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here